Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop

wifi lemot

Cara Mempercepat Koneksi Wifi - Bukan rahasia lagi jika saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang. Sebab, internet tidak hanya digunakan sebagai sarana informasi saja, tapi sudah meramban ke hal lain, termasuk pekerjaan dan jual beli.

Hampir semua jenis pekerjaan sudah terkoneksi dengan internet sehingga mau tidak mau setiap pelakunya harus memiliki jaringan internet yang cepat.

Dari fenomena itu, maka tak heran, jika saat ini begitu banyak orang yang memasang wifi di rumahnya agar bisa menggunakan internet dengan maksimal. Selain itu, memasang wifi juga terbilang lebih irit bila dibandingkan dengan membeli kuota.

Namun, wifi juga tak selamanya berjalan normal. Kadang ada kendala yang membuat kesal, salah satunya adalah koneksi lemot.

Ya, tidak sedikit orang yang mengeluh karena hal ini. Padahal, tujuan memasang wifi adalah untuk koneksi cepat dan stabil, tapi ini justru lemot.

Apakah kalian mengalaminya juga? Kalau benar, tak perlu khawatir. Kali ini Zeptrick akan membagikan tips dan trik mempercepat koneksi wifi di laptop. Simak informasinya berikut ini.

1. Reset Network & Flushing DNS

cara mempercepat internet
flushing dns

Flush DNS adalah sebuah perintah yang digunakan untuk mereset/membersihkan chace DNS client pada laptop yang sedang kita gunakan. Maka, informasi dari DNS sebelumnya akan terhapus secara otomatis. Adapun cara reset network & flushing DNS adalah sebagai berikut.
  1. Cari Command Prompt lalu klik kanan dan pilih Run As Administrator.
  2. Setelah Command Prompt terbuka, ketik perintah ipconfig /flushdns dan tekan tombol enter.
  3. Kemudian ketik kembali perintah ipconfig /renew dan tekan tombol enter.
  4. Tutup jendela Command Prompt, lalu cobalah untuk mengakses internet.
  5. Jika koneksi sudah mulai stabil, maka reset network & flushing DNS berhasil.

2. Perhatikan Posisi Router

router wifi
router wifi

Posisi router cukup mempengaruhi kecepatan koneksi internet wifi. Usahakan untuk mencari posisi yang bisa menangkap sinyal dengan maksimal. Jangan letakkan router di tempat yang terlalu tertutup karena sinyal sulit ditangkap pada tempat seperti itu.

3. Setting Quality of Service (QoS)

quality of service
Quality of Service

Sistem operasi windows 8 akan mengalokasikan sebesar 20% bandwidth untuk kebutuhan windows update dan sejenisnya. Sedangkan sisanya yang sebesar 80% bandwidth dapat digunakan untuk mengakses internet sebagaimana mestinya.

Nah, agar bisa menikmati 100% bandwidth tanpa dibagi, kita bisa mengubah pengaturan QoS pada Local Group Policy Editor. Adapun caranya sebagai berikut.
  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run. Lalu ketik perintah gpedit.msc.
  2. Maka akan muncul Local Group Policy Editor.
  3. Pada sebelah kiri layar, pilih Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > Network >QoS Packet Scheduller.
  4. Lalu pada layar sebelah kanan pilih Limit Reservable Bandwidth.
  5. Kemudian klik Enable dan isikan angka 0 pada kolom bandwidth limit.
  6. Klik OK, lalu restart.

4. Atur IRPStackSize Menjadi Lebih Tinggi

IRPStackSize
IRPStackSize

Selanjutnya, cara mempercepat koneksi Wifi pada laptop juga bisa dengan mengatur IRPStackSize. Secara default, IRPStackSize hanya memiliki nilai 15. Tapi dengan sedikit pengaturan, kita bisa meningkatkannya hingga 50. Adapun caranya sebagai berikut.
  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run. Lalu ketik perintah regedit untuk membuka jendela Registry Editor.
  2. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  3. Lalu klik kanan pada file DWORD yang bernama "IRPStackSize", klik modify dan ganti nilainya menjadi 50.
  4. Klik OK.
  5. Tutup Registry Editor, dan restart komputer sebelum menggunakan internet.
  6. Jika koneksi menjadi lebih cepat, berarti cara ini sukses.

5. Cek Koneksi

kecepatan wifi
kecepatan wifi

Dan yang tak kalah penting adalah selalu cek koneksi. Jika terjadi hal yang janggal, misalnya koneksi tiba-tiba lemot, maka kita bisa lakukan eksperimen dengan mengecek koneksi internet perangkat lain. Sebab, kadang koneksi lemot dipengaruhi dari cuaca buruk sehingga kita hanya bisa menunggu sampai koneksi stabil kembali.

Nah, itulah beberapa tips dan cara mempercepat koneksi wifi di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Zeptrick.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel